Risiko Investasi Properti Yang Tidak Boleh Dianggap Sebelah Mata

Selama ini, bisnis property memang menjadi daya tarik tersendiri buat para pebisnis karena segudang keuntungan menarik didalamnya. Tetapi tahukah anda justru terdapat risiko investasi properti dimana tidak boleh diremehkan begitu saja?

Bahkan salah dalam melangkah, pelaku dapat kehilangan uang hingga ratusan bahkan miliaran loh. Risiko ini sendiri memang sudah tak dapat dipisahkan dari peluang bisnisnya yang memang menggiurkan.

Terlebih lagi apabila Anda tidak mempunyai background maupun pengetahuan seputar bisnis satu ini, maka dijamin akan lebih dekat dengan risiko dibandingkan dengan keuntungannya. Pastinya Anda semakin penasaran bukan? berikut sudah kami rangkumkan.

Risiko Kerugian Investasi Properti

Banyaknya, kebutuhan property baik rumah, apartemen hingga lahan memang membuat para investor property bermunculan belakangan ini. Jika Anda merupakan salah satu dari sekian banyaknya orang yang dimaksud, maka wajib mengetahui beberapa risiko dalam investasi satu ini dimana dapat terjadi kapanpun.

Adanya Modal Sangat Besar

Ini adalah risiko paling awal dimana akan dirasakan oleh semua pelakunya loh. Sebab property ini menjadi salah satu produk paling berbeda dibandingkan jenis lainnya seperti saham, emas ataupun reksadana.

Bagaimana tidak? untuk memulainya sendiri, setidaknya harus menyiapkan dana mulai dari ratusan juta rupiah.

Kondisi Pasar Tidak pasti

Kendati kebutuhan mengenai tempat tinggal terus mengalami peningkatan, hal tersebut membuat kondisi pasar selalu tidak pasti. Ada beberapa factor dimana akan berpengaruh terhadap penjualan dari properti mulai dari factor eknomi pajak dan lain-lain.

Terlebih lagi, industri satu inipun selalu mengalami up and down.

Adanya Beban Dalam Perawatan

Hal lainnya dimana menjadi risiko dalam berbisnis ini adalah adanya beban untuk perawatannya. Dimana menjadi tanggung jawab oleh para investor. Beban perawatan inipun terkadang juga menguras biaya sangat tinggi loh. Mulai dari pengecatan tembok, kebocoran hingga keretakan.

Tidak Liquid

Risiko lainnya adalah tidak liquid dimana berarti belum tentu produk tersebut dapat terjual dengan cepat. Bahkan dapat dibilang untuk menjual satu unit properti saja akan membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Bisnis inipun memang dikenal menawarkan segudang keuntungan oleh para pelakunya. Tetapi Anda ahrus tetap mengetahui apabila terdapat risiko investasi properti dimana tak boleh dipandang sebelah mata begitu saja.

© 2021 Tucker Dupree - WordPress Theme by WPEnjoy