Ini Benjolan Payudara Non-Kanker Yang Harus Diketahui

Tak bisa dipungkiri jika sebagian besar dari wanita tentu akan merasa panik dan was-was ketika menemukan adanya benjolan pada payudara bukan? sebaiknya jangan langsung panik dan khawatir begitu saja, sebab bisa jadi itu adalah benjolan payudara non-kanker. Dimana merupakan tumor jinak sekaligus tidak berbahaya.

Benjolan ini sendiri biasanya merupakan pembengkakan lokal ataupun tonjolan dimana terasa berbeda dibandingkan dengan jaringan payudara yang ada di sekitarnya. Ada beberapa alasan mengapa tonjolan tersebut dapat berkembang mulai dari infeksi, fibroadenoma, nekrosis lemak hingga payudara fibrokistik.

Benjolan Non Kanker Pada Payudara

Perlu diketahui apabila adanya benjolan tersebut tidak melulu diakibatnya karena adanya kanker loh. Biasanya benjolan berbahaya juga disertai dengan munculnya tonjolan lain pada ketiak ataupun adanya perubahan ukuran tak biasa pada bagian tubuh satu ini.

Lantas apa sajakah jenis benjolan non-kanker tersebut? langsung saja simak penjelasan tuckerdupree.com berikut.

Fibrosis

Pertama adalah fibrosis dimana mempunyai kemiripan dengan jaringan luka. Cirinya sangat mudah dilihat yakni apabila diraba maka akan terasa kenyal, keras dan padat. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena keberadaannya tidak akan menyebabkan jaringan kanker.

Fibrokistik

Ini adalah tonjolan dimana paling seiring umum terjadi pada wanita. Biasanya disebabkan karena fibrosis ataupun kista. Perubahannya tidak normal tetapi tidak akan menimbulkan sifat ganas. Kondisi ini dapat terdeteksi dengan adanya rasa sakit ataupun bengkak pada payudara, ketika sedang mens, kondisinya akan semakin buruk.

Kista

Biasanya diakibatkan karena adanya kantung berisi cairan didalamnya. kista ini akan lebih mudah terdeteksi ketika ukurannya semakin membesar. Adapun ukurannya sendiri dapat mencapai 2-5 cm. pada tahap inilah tonjolan tersebut lebih mudah buat dirasakan.

Fibroadenoma

Ini adalah jenis tumor jinak dimana paling sering dialami oleh wanita. Ciri utamanya adalah dapat bergerak atau berpindah tempat ketika ditekan. Adapun permukaannya akan terasa lebih padat dan solid. Bentuknya sendiri bulat ataupun oval.

Walaupun benjolan-benjolan diatas tidak berbahaya tetapi anda tetap harus memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan saran terbaik. Beberapa kasus benjolan payudara non-kanker sendiri harus mendapatkan perawatan pembedahan.

© 2021 Tucker Dupree - WordPress Theme by WPEnjoy