Apa Itu Anosmia? Gejala Yang Banyak Dialami Pasien Covid-19

Beberapa waktu belakangan ini, banyak dari masyarakat mengaku tidak bisa mencium bau alias mengalami anosmia terutama bagi mereka yang terpapar virus covid-19 ini. Lantas apa itu Anosmia sebenarnya? Untuk mengetahui hal tersebut, maka kami sudah mempunyai informasi lengkapnya dibawah ini.

Anosmia sendiri merupakan hilangnya kemampuan seseorang untuk mencium bau tertentu. Selain itu, kondisi satu inipun juga akan membuat pasiennya kesulitan buat merasakan makanan. Tentu saja, kondisi tersebut dapat mempengaruhi kehidupan seseorang lain bahkan dapat menghilangkan nafsu makan.

Mengenal Anosmia Lebih Jauh

Pada beberapa kasus, kondisi satu ini biasanya disebabkan karena pilek ataupun alergi dengan sifat sementara. Walaupun demikian, beberapa orang justru mengalaminya dalam jangka waktu cukup panjang. Anosmia dengan jangka waktu panjang biasanya menjadi tanda apabila terdapat tanda penyakit serius pada pasiennya loh.

Adapun penyebab dari kondisi satu ini pun ternyata sangat banyak loh. Apa saja penyebab-penyebabnya? Langsung saja simak ulasannya berikut ini:

Gangguan Dinding Dalam Hidung

Gangguan satu ini sendiri biasanya dapat berupa iritasi ataupun hidung mengalami penyumbatan karena flu, pilek, rhinitis alergi, sinusitis hingga kebiasaan merokok yang berat. Apabila gejala-gejala tersebut terjadi ternyata dapat mengakibatkan pasiennya kesulitan buat membau.

Penyumbatan Rongga Hidung

Adapun penyebab lainnya mengapa anosmia dapat terjadi yakni adanya penyumbatan pada rongga hidung. Terdapat sejumlah kondisi dimana mengakibatkan adanya penyumbatan tersebut seperti polip hidung, tumor hingga adanya kelalaian pada tulang hidung.

Otak dan Sistem Saraf Mengalami Kerusakan

Kerusakan yang terjadi pada bagian inilah membuat otak dan sistem saraf dimana berfungsi mengirimkan sinyal bau ke otak hilang. Penyebabnya sendiri cukup beragam yakni penuaan, diabetes, cedera kepala, sindrom kalmann, tumor otak, penyakit Alzheimer dan masih banyak lagi.

Walaupun terlihat sepele, tetapi apabila waktu berlangsungnya cukup lama maka kami sarankan agar segera membawanya ke dokter untuk memperoleh perawatan lebih jauh. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena bisa jadi terdapat penyakit lebih serius.

Biasanya dokter akan langsung menanyakan riwayat serta gejala yang timbul. Selain itu, Anda akan diberikan sejumlah pemeriksaan ataupun pengobatan khusus. Nah, sudah tahu apa itu anosmia dan penyebabnya bukan?

© 2021 Tucker Dupree - WordPress Theme by WPEnjoy